Kamis, 07 Februari 2013

Strategi Bermain PES

Berikut ini adalah tips dan trik bermain PES berdasarkan pengalaman saya sendiri

Siapa yang gak kenal game PES yang satu ini. Haree gene gak tahu?? Hahahahhahahahhaaa
PES adalah salah satu game favorit ane sejak jaman punya laptop gan..., kurang lebih 1 tahun yang lalu. BTW, ada yang gak suka main PES?? Haree gene gak suka main PES?? hahahahhaa gak masalah siih... Cuman mungkin kalo laki gak doyan main PES akan dicap sebagai "Banci", "Maho", ato sebagainya *ups maap gan wkwkwk . Tapi tak apalah, saya juga gak terlalu mahir mainnya. Kali ini akan saya jelaskan beberapa ilmu PES ane gan, sesuai kemampuan ane.... so tetap CMIIW.....!!! Kita sama2 belajar untuk manjadi lebih baik.....





Yang pertama dan utama sebelum pasang PES adalah persyaratan sistem gan.... Sebelum pasang PES, harap diperhatikan persyaratan sistem agar PES berjalan dengan baik
Ane copas aja gan

PES 2012 / 2013MINIMUM SYSTEM REQUIREMENTS:

OS: Windows XP SP3, Vista SP2, Windows 7
CPU: Intel Pentium IV 2.4GHz or equivalent processor
RAM: 1GB RAM
HDD: 8GB free hard disk space
VIDEO: DirectX 9.0c compatible video card. 128MB Pixel Shader 3.0 (NVIDIA GeForce 6200 / ATI Radeon X1300 / Intel HD Graphics 2000/3000)
SOUND: DirectX 9.0c compatible sound card
DirectX 9.0c or higher (included on Disc)
800 x 600 monitor resolution

PES 2012 / 2013 RECOMMENDED SYSTEM REQUIREMENTS:

OS: Windows XP SP3, Vista SP2, 7
CPU: Intel Core2 Duo 2.0GHz or equivalent processor
RAM: 2GB RAM
HDD: 8GB free hard disk space
VIDEO: DirectX 9.0c compatible video card. 512MB Pixel Shader 3.0 (NVIDIA GeForce 7900 or AMD/ATI Radeon HD2400 or better)
SOUND: DirectX 9.0c compatible sound card
DirectX 9.0c or higher (included on Disc)
1280 x 720 monitor resolution

SUPPORTED CHIPSETS (VGA):
NVIDIA – GeForce GTX550Ti, GTX470, GTX285, 9800, 8800, 8600, 7950, 7900, 7800, 7300, 6800, 6600, 6200
AMD/ATI – Radeon HD 6870, HD5850, HD5770, HD4870, HD4650, HD3870, HD2600, HD2400, X1900, X1650, X1600, X1300
Intel – HD Graphics 2000, HD Graphics 3000

Sumber : Sembarang sumber


Gimana gan?? Lumayan kan?? wkwkwkwkw ini screenshot dari Laptop ane gan




Langsung aja ke permainan gan...., kita akan bahas cara bermain PES yang baik dan benar ( menurut ane ).

Pembahasan pertama adalah posisi pemain. Ane jelasin secara singkat aja gan
Liatlah gambar dibawah



Singkat aja..., yang warna merah adalah penyerang, hijau gelandang, biru pemain bertahan, dan kuning adalah kiper.

Penyerang

Tengah depan ( CF )  adalah pemain yang paling bertugas untuk mencetak gol alias penyerang murni. Hidup mati karirnya adalah jumlah gol yang ia buat gan..., Pemain ini dituntut untuk memiliki naluri mencetak gol, tendangan yang kuat dan akurat, serta positioning yang baik. Contoh CF yang hebat adalah Zlatan Ibrahimovic (PSG).

Penyerang kedua ( SS ) adalah penyerang yang lebih dinamis. Meskipun sama2 menyerang dan mencetak gol, tugasnya lebih kompleks. Dia harus mampu membuat lubang/ celah untuk menyerang, menopang tugas CF, dll meskipun ujung2nya adalah mencetak gok. Saya sendiri kurang suka menggunakan SS karena sedikit sulit menggunakannya, terutama pergerakannya. Contoh SS yang hebat adalah Lionel Messi (Barcelona).

Penyerang sayap ( WG = RWG untuk Kanan /LWG untuk Kiri ) adalah penyerang yang paling mobil. Maksudnya dia bisa bergerak paling maju dan paling mundur diantara para penyerang lainnya. Mobilitas dan stamina sangat di pertaruhkan gan, posisi inilah yang paling saya senangi saat main PES ataupun main sepak bola. Kecepatan adalah kunci keberhasilannya menembus pertahanan lawan. Kelemahannya adalah harus berkemampuan mobilitas dan stamina yang baik serta kemampuan umpan lambung jauuh yang akurat. Contoh WG yang hebat adalah C. Ronaldo ( Real Madrid ).

Gelandang   

Gelandang Penyerang ( AMF ) adalah gelandang yang fokus ke penyerangan. Hampir serupa dengan SS, hanya saja porsi penyerangannya lebih sedikit dibanding SS. Tidak heran kebanyakan pemain berposisi AMF akan mampu bermain baik juga di posisi SS. Contoh pemain yang hebat di posisi AMF adalah Mesut özil ( Real Madrid ) dan Mario götze ( Borussia Dortmund).

Gelandang Sayap (SMF = RMF untuk Kanan dan LMF untuk Kiri ) adalah pemain yang berposisi di sektor tepi atau sayap lapangan. Sama seperti WG, pemain posisi ini dituntut untuk memiliki mobilitas dan stamina yang sedikit lebih tinggi dibanding pemain di posisi lainnya. Tugas dan fungsinya tidak jauh berbeda dengan WG, hanya berbeda porsi penyerangan dan pertahanan. Posisi inilah yang saya senangi untuk menyerang dari sisi sektor sayap dengan menggunakan umpan krosing jauh. Contohnya SMF adalah Arjen Robben, Franc Ribery , Thomas Müller ( Bayern Munich ), Di Maria ( Real Madrid )

Gelandang Tengah ( CMF ) adalah pemain gelandang yang berposisi di tengah. Tugasnya cukup berat, yaitu menjadi konduktor antara pemain bertahan dengan pemain penyerang. Posisi inilah yang dituntut untuk memiliki skill umpan pendek dan panjang yang cepat dan akurat, tendangan yang kuat dan akurat, positioning yang bagus, dan lain sebagainya. Contoh CMF yang hebat adalah Xavi ( Barcelona ) dan Schweinsteiger ( Bayern Munich ).

Gelandang bertahan ( DMF ) adalah gelandang yang tugasnya tidak jauh berbeda dengan CMF tetapi lebih ke sektor pertahanan daripada menjadi konduktor. Contohnya adalah Xabi Alonso ( Real Madrid )

Pemain Bertahan / Back dan Kiper

Back sayap ( SB = RB untuk Kanan dan LB untuk kiri ) adalah pemain bertahan yang meroperasi di sektor sayap. Pemain ini juga dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi. Tidak heran semua pemain yang bermain di posisi ini dapat maju ikut menyerang dari sayap, membantu SMF dan atau WG. Contohnya adalah Marcelo ( Real Madrid ) dan Adriano ( Barcelona )

Bek Tengah ( CB ) adalah pemain yang benar2 bertugas sebagai penjaga lini pertahanan. Tetapi posisi ini juga kerap kali maju sebagai " joining attack " saat tendangan pojok. Intinya adalah CB adalah pemain yang paling bertugas sebagai pertahanan dari serangan lawan.

Sweeper ( SW ) adalah CB yang murni bertahan. Benar-benar bertahan. Secara bahasa, artinya penyapu. Itu artinya dia hanya fokus pada pertahanan yang dimana bola sudah didapat akan langsung dibuang jaaauuhh sejauuh mungkin dari daerah pertahanan... Ini juga yang paling jarang saya gunakan karena kurang fleksibel. Contohnya adalah Serdar Tasci ( Stuttgard ) dan pemain Legendaris Bekenbauer.

Kiper ( GK ) sudah cukup jelas dan gak usah dijelasin lagi wkwkwkwkkwk. Contohnya Iker Casillas ( Real Madrid )


Gimana gan..., udah jelas kan??? Sekarang ane jelasin strategi mode ( menurut ane).

Sebagai sample , saya menggunakan tim Panzer Jerman ( Deutsch ) melawan tim Oranje Belanda.
Overall pemain

Tampilan diatas adalah tampilan Overall. Tiap pemain memiliki overall yang berbeda beda di tiap posisi. Misalnya Klose memiliki overall 80 untuk posisi CF. Jika diposisikan sebagai kiper, dia akan memiliki overall yang berbeda. Usahakan tempatkan pemain dengan overall terbaik. Tidak semua pemain memiliki overall terbaik di posisi aslinya ( Registered position ). Misalnya Van Persie dalam Patch 1.0 PES 2012 posisi aslinya adalah CF dengan overall 83. Bila dia ditempatkan sebagai CF maka overall nya 83. Tetapi pas saya geser ke LMF, overall nya menjadi 87. Begitu juga dengan Podolski di tim Jerman ini. Posisi aslinya adalah SS dengan overall 77 tetapi memiliki overall terbaik saat ditempatkan di LMF, overall berubah menjadi 80. Tetapi tidak bisa dipungkiri bila keterbatasan stok pemain maka penempatan posisi yang tidak semestinya akan dilakukan. Lainnya, tidak semua pemain bisa bermain di dua posisi ( kanan dan kiri ). Sebagai contoh Schmelzer akan bermain baik di LB, tetapi payah di RB meskipun sama2 bek sayap.
Kesehatan pemain
Dalam PES, pemain juga memiliki kesehatan/kebugaran saat itu. Urutan dari yang paling jelek =Ungu, biru, hijau, kuning, merah. Contoh dari gambar diatas adalah Podolski sedang On Faiyer dan Hummels serta khedira lagi galau wkwkwkwkw
Pemilihan Taktik dan Strategi
Ini dia momen paling krusial, momen paling menentukan keberhasilan kamu dalam bermain. Tidak semua taktik akan berjalan mulus. Gunakan yang paling kamu kuasai. Yang terpenting adalah, gunakan yang paling tepat.

Penjelasan Strategi

Formasi

Formasi sangat mempengaruhi kinerja tim, karena itu adalah sebuah kerangka tim dalam bermain. Memainkan formasi yang tepat akan jauh lebih bermanfaat daripada memainkan formasi yang hebat. Kita mulai belajar formasi dasar dulu gan....

Penjelasan formasi dasar

Formasi 4-4-2
Formasi ini adalah formasi yang paling banyak digunakan sekitar tahun 90-an. Penjelasan singkat dari ane adalah formasi cocok untuk loe2 yang baru belajar PES. Dilihat dari formasinya, mengandalkan keseimbangan antara lini depan, tengah, dan belakang. Komposisi yang sangat pas dan mudah diterapkan. Kelemahannya adalah mungkin yang kurang senang dengan serangan sayap akan sedikit terganggu, karena formasi ini lebih dominan ke serangan sayap dan menusuk lewat krosing jauh( berdasarkan pengalaman ane ). Intinya formasi ini balance di berbagai lini. Cocok untuk melawan tim dengan strategi apa saja. Tetapi jujur saja ane kurang suka dengan formasi ini karena sudah telalu kuno sehingga bila melawan musuh yang expert pasti kecil kemungkinan untuk menang.
Strategi default 4-4-2 milik England
Formasi 4-3-3

Formasi ini adalah formasi yang paling sering digunakan di era sekarang ini. Mulai populer sejak Inter memenangi Treble winner di era Mourinho. Formasi ini juga dapat dikembangkan menjadi beberapa formasi baru. Misalnya 3 gelandang tengah dapat berevolusi menjadi gelandang bertahan dengan tetap menyertakan 3 penyerang. Strategi ini akan mirip dengan Catenacio ala Italia. Jika 3 penyerang di modif menjadi 2 WG dan 1 SS atau 3 SS, sementara di tengah ada 2 CMF dan 1 DMF, maka akan mirip strategi Tiki-Taka Barcelona. Intinya, bagi yang sudah mahir pasti akan lebih memilih formasi ini.
Formasi 4-3-3 ala Tiki-Taka Barcelona
Formasi 4-3-3 ala Catenaccio Italia
Formasi 4-5-1

Formasi ini adalah formasi yang berakar dari 4-3-3. Dengan modifikasi sedikit bisa berubah menjadi 4-5-1 murni atau 4-2-3-1. Ini dia gan.., formasi favorit ane... Hampir tiap main PES selalu pakai formasi ini. Kenapa?? Karena ini formasi yang efektifitas dan mobilitasnya cukup tinggi. SMF dapat bertransformasi menjadi WG dengan lebih mudah. Tinggal tarik aja lebih ke depan. Kalo mau lebih defensif, tarik aja salah satu CMF ke belakang. Dalam kehidupan nyata, strategi ini terbukti ampuh. Real Madrid dengan ala Mourinho ataupun Jerman racikan Loew mampu menampilkan permainan yang efektif. Dalam kehidupan Mabes saya, Saya mampu mengalahkan teman saya Bokir yang memiliki kemampuan memainkan Tiki-Taka Barcelona. Intinya, formasi ini sangat dinamis untuk menyerang dan bertahan karena dengan mudah kita dapat memodifikasi formasi tanpa mengubah formasi asal. Kelemahannya adalah bagi yang belum terbiasa akan bingung dengan pergerakan pemainnya.
Formasi 4-5-1 Real Madrid ala Mourinho

Formasi 4-5-1 ala Deutsch



 Strategi

Ini juga tidak kalah penting dalam proses kemenangan. Strategi yang tepat akan mampu menghasilkan kemenangan. Dalam PES Sudah di atur beberapa strategi default. Diantaranya
Pemilihan Strategi dalam PES
Serangan Cepat ( Quick Counter )

Strategi ini cocok untuk anda yang menginginkan permainan yang didominasi serangan balik yang cepat. Dengan dukungan pemain yang menyerang dan lini belakang yang tinggi, maka strategi ini sangat cocok untuk melakukan serangan balik yang cepat. Kelemahannya adalah bila tidak biasa memainkannya, maka jebakan offside akan sia-sia dan justru malah akan diserang balik. Dan juga diperlukan pemain yang memiliki kecepatan dan stamina yang hebat. Strategi ini yang sering dipakai Mourinho di semua klub yang ia nahkodai.

Possession Game

Strategi ini adalah suatu strategi yang mementingkan penguasaan bola untuk mencegah lawan menguasai bola. Memang tidak mempriorotaskan penuh ke penyerangan seperti Quick Counter, tetapi cukup efektif dalam menyerang. Biasanya tim yang menggunakan strategi ini akan terus menguasai bola dengan umpan2 pendek yang cepat dan akurat. Bola terus dikuasai sampai mendekati pertahana lawan. Tidak heran bila statistik ball possesion nya juga besar. Dengan semakin lama menguasai bola, maka lawan akan semakin frustasi dan cenderung bertahan. Tim yang sukses menggunakan strategi ini adalah Barcelona. Barcelona seslalu memainkan bola-bola pendek dan hampir menguasai seluruh lapangan. Kelebihan strategi ini adalah lebih menghemat energi karena didominasi umpan pendek yang cepat dan akurat. Kelemahannya adalah sulit mengatasi serangan balik. Tidak heran strategi ini merupakan musuh bebuyutan dari Quick Counter.

Long Ball

Strategi ini mirip dengan Quick Counter, bedanya lini belakang tetap pada posisinya. Yang melakukan serangan balik cuma gelandang serang dan penyerang. Strategi ini cocok digunakan saat kita sudah unggul dan menginginkan bertahan untuk mempertahankan skor sambil mencari kesempatan lain untuk menambah angka. Strategi ini sukses dilakukan oleh Italia pada jaman keemasan Catenaccio dulu

All out attack

Sesuai namanya, strategi ini memusatkan pada penyerangan. Saya belum pernah memainkan strategi ini jadi tanya saja pada orang lain yang lebih tahu wkwkwkwkwk

All out defence

Sesuai namanya, strategi ini memusatkan pada pertahanan. Saya belum pernah memainkan strategi ini jadi tanya saja pada orang lain yang lebih tahu wkwkwkwkwk

BAGAIMANA KALAU KITA INGIN MEMBUAT TAKTIK SENDIRI??

Jangan khawatir, ada pilihan Standard yang bisa dilakukan penyesuaian

Standard 

Inilah taktik yang sering saya terapkan. Taktik ini bisa kita sesuaikan sesuai mood dan keinginan kita
Berisi 7 poin yang bisa kita atur parameternya.

1. Player support
    Bagaimana cara pemain mendukung pemain lain yang mendapatkan bola. Ada yang cenderung bertahan, seimbang, atau inisiatif menyerang. Tinggal atur parameternya
2. Support Jarak
    Adalah bagaimana pemain lain mendukung jarak terhadap pemain yang menguasai bila. Rapat artinya pemain lain akan cenderung mendekat untuk bersiap menerima umpan. Lebar adalah pemain akan melebar/memperjauh jarak dengan pemain yang menguasai bola.
3 Tukar Posisi
   Adalah seberapa sering pemain bertukar posisi. Biasanya WG / SMF dengan AMF. Bagi yang tidak terbiasa pasti akan puyeeng abiess....
4. Gaya penyerangan
   Adalah bagaimana tim melakukan penyerangan. Melebar artinya fokus bermain ke sektor sayap. Dan down middle adalah fokus ke penyerangan dari lini tengah.
5.  Menekan
    Adalah cara pemain bertahan untuk menekan pemain lawan yang menguasai bola. Longgar artinya pemain bertahan akan cenderung lebih fokus berlari ke belakang. Ketat artinya pemain bertahan akan cenderung mendekati pemain lawan yang menguasai bola.
6. Lini Pertahanan
    Adalah cara para pemain bertahan untuk bertahan. Dalam artinya pemain bertahan akan sesegera mungkin mundur ke daerah pertahanan bila musuh menguasai bola. High artinya pemain bertahan akan cenderung melakukan jebakan offside saat musuh menguasai bola
7. Kekompakan
    Adalah tingkat kekompakan dalam tim. Yang ini cukup jelaaas pasti wkwkwk

Formasi dan strategi yang bagaimana yang sering saya gunakan ??

Okee gan, saya akan membocorkan sedikit trik saya yang saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri.

Formasi     : 4-2-3-1 ( turunan dari 4-3-3 *serius, ini bukan Kalkulus wkwkwkw)
Strategy     : Utama = Standard dengan parameter

                   Player support : 20
                   Range support : 0
                   Posision switch : 15
                   Attack style : 15
                   Pressing : 20
                   Defence line : 0
                   Compactness : 7
                    
                   Cadangan 1= Possesion Game
                   Cadangan 2 = Quick counter

Tips dan trik dari saya   :
 - Alirkan terus bola. Lakukan terus umpan-umpan pendek yang cepat dan akurat. Jangan terlalu lama bola dikuasai satu pemain. Meskipun dalam keadaan bebas usahakan untuk dialirkan meskipun hanya beberapa kali. Segera oper bola ke rekan terdekat saat akan direbut bolanya. Jangan pernah mengandalkan kemampuan individu yang berlebihan, kecuali memang pemain itu bagus seperti C. Ronaldo.
- Bermain lah dengan sabar. Umpan pendek dari kaki ke kaki. Kesabaran adalah kunci keberhasilan. Dibiasakan untuk terus menguasai bola. Dengan terus menguasai bola maka akan membuat lawan otomatis akan beralih ke modus bertahan dan tidak akan memberi kesempatan lawan untuk menyerang. Jangan langsung menyerang denganbola-bola jauuuhhh.............. Hasilnya kurang efektif. Gunakan umpan-umpan jauh saat melakukan serangan balik cepat saja.
- Yang pasti adalah teruslah berlatih. Teruslah tambah pengalaman, karena pengalaman adalah guru terbaik. So, Cemungud ea qaqaa....!!!!



Dengan formasi dan strategi demikian, maka tim akan memainkan permainan menyerang yang seimbang di setiap lini tanpa melupakan aspek pertahanan. Penyerangan dari tengah ataupun sayap akan sama-sama efektif. Penguasaan bola akan tinggi dan otomatis membuat lawan ( khususnya Komputer ) akan frustasi dan mundur untuk bertahan.
Untuk level Liga Champion Eropa, saya cenderung memilih Real Madrid atau alternatif Bayern Munich ataupun Dortmund. Untuk level Nations, saya lebih memilih Jerman ataupun Spanyol. Mengapa?? Karena tim2 tersebut mengakomodasi semua kebutuhan formasi dan strategi saya dan sejauh ini berhasil... Berhasil sesuai keinginan, bukan berhasil menang terus......, meskipun kenyataannya saya sering kalah dengan serangan balik. Paling nggak saya gak keliatan cupu main PES nya wkwkwkwk.... -___- " !


Demikianlah ulasan singkat dasar bermain PES menutut hemat saya..........

Nah, gimana?? Sudah semakin jelaas khan??

Terima kasih sudah mau mampir ke Blog saya yang sangat simpel ini. Jangan lupa komen ya gan....


Sumber : pengalaman saya sendiri
Penulis Akhir : Aji Saputa Raka Siwi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar